Wednesday, May 18, 2016

BATIK EKSIS DI DUNIA FASHION INTERNASIONAL

Batik Eksis di Dunia Fashion Internasional


Batik tak hanya menginspirasi desainer Indonesia saja, beberapa perancang busana dan brand dunia pun pernah menggunakan batik dalam koleksi busana mereka. Siapa saja? Berikut karya desainer dan brand dunia yang memakai kain tradisional Indonesia.

1. Dries Van Noten

Dalam koleksi Spring/Summer 2010, desainer asal Belgia, Dries Van Noten banyak menggunakan motif batik. Ia membalut atasan longgar, terusan dan celana longgarnya dengan batik motif Parang serta Kembang Kawung. Kedua motif tersebut dipadankan dengan motif geometris sehingga menghasilkan tampilan etnik yang edgy.



2. Peter Piloto

Desainer Peter Pilotto yang beberapa waktu lalu menyelesaikan travelling di Indonesia, ia mengakui banyak terinspirasi keindahan alam Indonesia dan menuangkannya dalam koleksi terbarunya. Dibantu oleh rekannya, Christopher De Vos, mereka memaksimalkan print tropis dan ilusi optik khas baju penyelam.



3. Julien MacDonald

Desainer Julien McDonald, mengakui inspirasi koleksi Spring/Summer 2012 miliknya datang dari teknologi kapal pesiar di Monte Carlo yang disilangkan dengan gaya origami dan print tato khas Jepang. Namun banyak yang menilai sebenarnya bukan tato Jepang yang ia tampilkan dalam beberapa gaun, melainkan batik Mega Mendung khas Cirebon.



4. Gucci
Gucci pernah menggunakan motif batik ke dalam koleksinya terdahulu. Kain tradisional Indonesia itu tampak modern dengan balutan warna biru navy dan putih dan potongan maxi dress yang sensual. Cocok untuk tampilan musim panas dan dikenakan saat di pantai.

No comments: