Wednesday, May 18, 2016

BATIK INDONESIA DI MATA DUNIA

Batik Indonesia Di Mata Dunia- Kekayaan Asli Indonesia

Batik Indonesia Di Mata Dunia Kekayaan Asli Indonesia – Indonesia adalah negeri dengan ribuan budaya salah satunya adalah batik yang telah diakui di mata dunia. keanggunan dan kekhasan corak yang dimilikinya telah banyak membuat mata dan peminat fashion budaya terpesona karenanya. Ada beberapa fakta menarik soal sejarah kain yang  berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: amba, yang bermakna ‘menulis’ dan titik, yang bermakna ‘titik’.
Batik Indonesia Mendunia. Batik sudah ada sejak kerajaan jaman dulu di Indonesia, dimana dulu batik merupakan kesenian/kerajinan kebudayaan keluarga kerajaan, terutama di pulau jawa. Selain itu seorang Desainer batik Nusjirwan Tirtaamidjaja (Iwan Tirta) karya-karya batiknya disukai dan dipakai oleh beberapa kepala Negara seperti Ratu Elizabeth II, Ratu Sophie dari Spanyol, Ratu Juliana dari Belanda bahkan Bill Clinton.

Macam Motif Batik Indonesia

Motif batik Indonesia banyak sekali variannya saat ini. Namun dari sisi akar budaya yang kuat, pada prinsipnya motif tradisional digunakan oleh keluarga keraton. Hal ini jadi bukti, di masanya batik merupakan tekstil bergengsi. Untuk wilayah ‘darat’ atau Keraton  Yogyakarta dan Surakarta dikenal dengan batik sogan. Sementara batik Cirebon (mewakili keraton ‘pesisir’) biasanya bermotif mahluk laut dan pengaruh Tionghoa. Batik pesisir juga memiliki garis maskulin hingga bisa terlihat pada corak “Mega Mendung”.
Mengenai batik sogan, dinamakan demikian karena pada awal mulanya proses pewarnaan batik ini  menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga tingi. Batik Sogan memang jenis batik yang identik dengan daerah keraton Jawa yaitu Yogyakarta dan Solo, motifnya pun biasanya mengikuti pakem motif-motif klasik keraton.
Sogan Yogya dan Solo juga dapat dibedakan dari warnanya. Biasanya sogan Yogya dominan berwarna coklat tua-kehitaman dan putih, sedangkan sogan Solo berwarna coklat-oranye dan coklat.

Batik Indonesia Diakui Dunia

Tanggal 2 Oktober 1999 sangat penting karena: Batik Indonesia secara resmi diakui UNESCOdengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi.
Batik, sejak diakui dunia sebagai warisan dunia sejak 4 tahun lalu, terus berkembang. Dunia fashion, kini malah sering menggunakan motif batik dalam koleksi terbaru mereka. Selain itu beberapa selebriti dunia juga menjadikan batik sebagai salah satu style fashion mereka. Seperti yang dilakukan oleh salah satu pewaris Hilton grup, Paris Hilton yang awal bulan lalu terlihat lalu lalang di jalanan New York, dengan menggunakan gaun terusan bermotif batik keluaran rumah mode Gucci.
Tak ketinggalan juga Jesica Alba, Drew Barrymore, Rachel Bilson, Adele, Reese Witherspoon, Lenka, Bono, Adele, Bill Gates, Nelson Mandela dan Nicole Richie kini menjadi penggemar batik Nusantara, serta perancang dunia dari rumah-rumah mode juag menjadikan motif batik kita sebagai salah satu koleksi andalan mereka. Untuk itu harusnya kita juga menghargai batik bukan hanya sekedar untuk gaya, tapi juga memahami bahwa batik itu penuh nilai filosifi hidup

No comments: